Senin, 07 Januari 2013

TEORI PERDAGANGAN INTER PARADOKS LEONTIEF


TUGAS I
Ø  Jelaskan teori perdagangan internasional menurut paradoks leontif!

Jawaban :
·         Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Dibanyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Perdagangan internasional pun turut mendorong industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi dan kehadiran perusahaan multinasional.
Oleh karena itu, timbullah beberapa teori mengenai perdagangan internasional, yaitu teori klasik dan teori modern. Disini saya akan membahas tentang teori perdagangan internasional modern paradoks leontief :

Ø  Wassily leontief seorang pelopor utama dalam analisis input-output matriks, melalui study empiris yang dilakukan pada tahun 1953, menemukan fakta, fakta itu mengenai struktur perdagangan luar negeri (ekspor-impor). Adapun teori yang dikemukakan yaitu :
-          Teori paradoks leontief merupakan kebalikan dari teori H-O yang menyebutkan bahwa ekspor AS akan terdiri atas barang-barang yang padat modal/kapital (capital intensive) sebaliknya impor akan terdiri atas barang-barang yang padat karya/tenaga kerja (labor intensive)
-          Sedangkan menurut teori leontief bahwa ekspor AS justru terdiri atas barang-barang padat karya (labour intensive) dan impor terdiri atas barang-barang padat modal (capital intensive)

Ø  Sebab terjadinya paradoks leontief :
-          Tariff and non tariff barrier
-          Intensitas faktor produksi yang berbalikan (factor intensity reversals)
-          Perbedaan dalam skills dan human capital
-          Perbedaan dalam faktor sumber daya alam

Ø  Kelebihan teori ini :
Jika suatu negara memiliki banyak tenaga kerja terdidik maka ekspornya akan lebih banyak. Sebaliknya jika suatu negara kurang memiliki tenaga kerja terdidik maka ekspornya akan lebih sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar