Selasa, 13 November 2012

Dampak Positif dan Negatif IPTEK bagi manusia


BAB I
A.       PENDAHULUAN

I.     LATAR BELAKANG
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja.
Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia.
II.      RUMUSAN PERMASALAHAN
Berdasarkan uraian latar belakang, maka timbullah perumusan permasalahan sebagai berikut :
·         Apakah dampak positif dan negatif IPTEK bagi manusia dalam bidang mesin, komunikasi dan bioteknologi?

III.   TUJUAN
Tujuan penulisan makalah ini adalah :
·         Untuk mengetahui dampak positif dan negatif teknologi bagi manusia



BAB II
I.          ISI DAN PEMBAHASAN
A.     Dampak Positif
Perkembangan ilmu pengetahuan akan membawa manusia ke arah pencapaian kemakmuran dan kemudahan di segala bidang. Misalkan perkembangan pada mesin, komunikasi dan bioteknologi. Berikut penjelasannya :
Mesin  :
Perkembangan IPA dan Teknologi telah dapat merubah system transportasi, karena dalam transportasi mesin menjadi alat penggerak utama selain bahan bakar yang ada didalamnya.semakin canggih mesin tersebut maka akan semakin canggih alat yang dipengaruhi mesin tersebut.
            Dalam bidang transportasi, mesin membuat transportasi masa kini menjadi mudah, yang dulunya manusia jika bepergian keluar kota menggunakan sampan atau sepeda, karena dulu belum ada yang namanya mobil, motor, pesawat, kereta, dan  kapal. Dan itu  memakan waktu yang lama, ada yang seminggu bahkan sebulan. Sekarang ini banyak kita temukan mobil, motor, pesawat dan yang lainnya sehingga jarak yang jauh sekalipun dapat di tempuh dalam hitungan jam atau hari.
            Dalam bidang rumah tangga, mesin memudahkan para ibu dalam menjalani aktivitas mereka sebagai ibu rumah tangga. Contohnya, mesin cuci, mesin jahit, mesin parut kelapa dan banyak lagi.
            Dalam bidang pertanian, memudahkan para petani dalam penggilingan padi, dulu para petani menumbuk padi agar menjadi beras, sekarang itu tidak berlaku lagi dikarenakan adanya mesin penggiling padi.
Dalam bidang industri khususnya, mesin sangatlah berperan penting, karena mesin merupakan salah satu factor input untuk menghasilkan output. Mesin sangat mempengaruhi keuntungan yang akan di dapat oleh produsen, karena dalam memproduksi sebuah barang ada 2 variabel yang digunakan yaitu mesin dan tenaga kerja. Jika mesin yang digunakan semakin banyak maka kegiatan dalam memproduksi akan semakin efektif. 
Komunikasi :
Dengan adanya kemajuan IPA dan teknologi  yang menciptakan alat-alat komunikasi yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus betatap muka  langsung, misalnya internet, telfon, telegram dan lain-lain.
Pada zaman dahulu, jika manusia ingin berinteraksi dengan keluarga atau teman karibnya yang berada di luar kota atau tidak tinggal satu daerah, mereka berkomunikasi dengan mengandalkan surat yang waktu kirimnya membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan manusia pada saat ini berkomunikasi jarak jauh sangatlah mudah dikarenakan kemajuan teknologi yang ada, seperti internet, telepon, dan telegram, yang waktu kirimnya tidak membutuhkan hari. Bahkan telepon pun sudah canggih, sudah ada yang namanya HP (handphone) atau telepon genggam, yang bisa di bawa kemana saja mencari temanpun tidak sebatas teman satu daerah, diluar daerah pun kita bisa menemukan teman. Didukung adanya internet yang menyediakan sarana jejaring sosial seperti friendster, facebook, twitter dan  e-mail. Biasanya situs ini banyak diminati kalangan remaja.
Dengan cara komunikasi seperti ini, membuat para “jiwa” yang senang berbisnis tidak mau melewatkan kesempatan mereka untuk menawarkan/menjual barang dan jasa. Istilah yang digunakan biasanya E-commerce. Sistem penjualan inipun dapat memberikan keuntungan yang tidak sedikit.
Bioteknologi :
Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi,firus dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
Bioteknologi banyak ditemukan di berbagai bidang:
1.      Bidang pangan                  :   Memproduksi makanan dengan bantuan
mikroba, seperti tempe, roti, yogurth, kecap dan pembuatan bir.
2.      Bidang kesehatan              :   Dalam pembuatan antibody monoclonal,
Pembuatan vaksin, terapi gen, dan pembuatan antibiotic. Proses penambahan DNA asing pada bakteri merupakan prospek untuk memproduksi hormone atau obat-obatan di dunia kedokteran. Contohnya pada produksi hormone insulin, hormone pertumbuhan dan zat antivirus yang disebut interferon. Orang yang menderita diabetes mellitus membutuhkan suplai insulin dari luar tubuh. Dengan menggunakan teknik DNA rekombinan, insulin dapat dipanen dari bakteri.
3.      Bidang lingkungan            :   Bioteknologi dapat digunakan untuk
perbaikan lingkungan misalnya dalam hal mengurangi pencemaran dengan adanya teknik pengolahan limbah dan memanipulasi mikroorganisme.
4.      Bidang pertanian               :  Perkembangan biologi molekuler memberikan
sumbangan yang besar terhadap kemajuan ilmu pemuliaan ilmu tanaman ( plan breeding). Suatu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa perbaikan genetis melalui pemuliaan tanaman konvensinal telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam penyediaan pangan dunia. Dalam bidang pertanian telah dapat dibentuk tanaman dengan memanfaatkan mikroorganisme dalam fiksasi nitrogen yang dapat membuat pupuknya sendiri sehingga dapat menguntungkan para petani. Demikian pula terciptanya tanaman yang tahan terhadap tanah gersang.
5.      Bidang perternakan           :   Peningkatan produksi ternak dengan
meningkatkan efisiensi dan kualitas pakan seperti manipulasi mikroba rumen, menghasilkan embrio yang banyak dalam satu kali siklus reproduksi. Menciptakan jenis ternak unggul dan dapat memproduksi asam amino tertentu.

B.      Dampak negatif
Segala sesuatu dalam kehidupan kita pasti akan berdampak positif dan negatif. Begitu pula dalam perkembangan IPA yang kami bahas berikut ini :
Mesin:
Dikarenakan kemajuan teknologi yang semakin pesat, maka segala aktifitas kita sehari-hari sangat bergantung pada infrastruktur yang canggih berupa mesin. Dimana dengan adanya mesin, manusia pada umumnya berlomba-lomba dalam menciptakan alat-alat yang dapat mempermudah aktifitasnya. Sehingga manusia cenderung memilih sesuatu yang instan tanpa melihat dampak negatif dari hal tersebut. Dampak negatif mesin dalam bidang industri :
1.      Dapat mengurangi tenaga kerja sehingga menciptakan pengangguran dimana-mana.
2.      Menyebabkan kelangkaan BBM
3.      Menyebabkan polusi udara yang dapat membuat atmosfer bumi menjadi tipis
4.      Menghasilkan limbah yang dapat merusak lingkungan
Komunikasi:
Komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita. Akan tetapi hal tersebut memiliki dampak negatif jika hal tersebut digunakan melampaui batas kebutuhan. Contohnya internet, dampak negatifnya adalah banyaknya kejahatan yang terjadi didunia maya, misalnya pencurian uang dibank melalui internet, penipuan terhadap transaksi jual beli via online, penipuan undian berhadiah. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk dideteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tersebut dalam melaksanakan misi mereka. Dampak lain dari internet yaitu dapat merusak mental, moral, dan prilaku remaja masa kini sebagai penerus bangsa, dikarenakan maraknya jejaring social, game online, serta video porno yang tersebar didunia maya.
Bioteknologi:
Dampak negatif dari bioteknologi diantaranya :
1.    Merugikan keanekaragaman hayati disebabkan oleh potensi terjadinya aliran gen ketanaman
2.    Dibidang kesehatan manusia terdapat kemungkinan produk gen asing yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh manusia.
3.    Menimbulkan pencemaran biologis dilingkungan kita karena adanya pelepasan organisme transgenik kealam.
4.    Keracunan bagi hewan dan manusia serta pencemaran lingkungan



    II.            KESIMPULAN
Pada dasarnya segala sesuatu dimuka bumi ini memiliki banyak manfaat. Akan tetapi segala sesuatu yang bermanfaat tersebut dapat menjadi sesuatu yang merugikan dimana kita menggunakannya melampaui batas kebutuhan kita. Sehingga segala sesuatu yang kita lakukan selalu dibarengi oleh sisi positif dan negatif. Begitupula dengan sumber daya-sumber daya yang kita miliki seperti yg telah kita bahas didalam IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam) serta teknologi yang semakin canggih dimasa kini. Oleh karena itu, kita sebagai manusia sepatutnyalah untuk menggunakan segala sesuatu atau segala fasilitisas yang kita miliki dengan baik sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Karena sesungguhnya Allah SWT telah berfirman dalam kitabnya Surat Al-Maa’idah ayat 77:
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$# ÇÊÈ
ö@è% Ÿ@÷dr'¯»tƒ É=»tGÅ6ø9$# Ÿw (#qè=øós? Îû öNà6ÏZƒÏŠ uŽöxî ÈdYysø9$# Ÿwur (#þqãèÎ6®Ks? uä!#uq÷dr& 7Qöqs% ôs% (#q=|Ê `ÏB ã@ö6s% (#q=|Êr&ur #ZŽÏVŸ2 (#q=|Êur `tã Ïä!#uqy È@Î6¡¡9$# ÇÐÐÈ
Artinya :
77.  Katakanlah: "Hai ahli kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang Telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka Telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus".














0 komentar:

Posting Komentar