Selasa, 13 November 2012

Tugas Makro VARIABEL MAKRO


VARIABEL MAKRO
1.      Sebutkan dan jelaskan beberapa variabel makro (min 5) !
2.      Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi variabel tersebut!
3.      Sebutkan dan jelaskan peranan variabel makro tersebut terhadap perkembangan ekonomi!

JAWABAN:
1.      Variabel makro :
·      INVESTASI
Investasi adalah kemampuan menambah atau menciptakan nilai hidup (penghasilan dan kekayaan). Investasi bukan hanya dalam bentuk fisik, melainkan juga nonfisik, terutana peningkatan kualitas sumber daya manusia.
·      PENDAPATAN NASIONAL
Pendapatan nasional adalah jumlah yang diterima oleh seluruh rumah tangga (RTK) disuatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun
·      KESEMPATAN KERJA
Kesempatan kerja adalah banyaknya orang yang dapat bertampung untuk bekerja pada suatu perusahaan atau instansi
·      EKSPOR-IMPOR
Ekspor adalah kegiatan perseorangan atau badan hukum yangmenjual barang keluar negri
Impor adalah kegiatan perseorangan atau badan hukum yang membeli barang dari luar negeri untuk dijual kembali didalam luar negeri.
·      PENGELUARAN PEMERINTAH
Pengeluaran pemerintah adalah anggaran dana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk keperluan negara ataupun daerah. Adapun APBN dibedakan menjadi dua yaitu pengeluaran untuk belanja dan pengeluaran untuk pembiayaan.

2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi :
·      INVESTASI
a.       Tingkat pengembalian yang diharapkan
-  Kondisi internal perusahaan : faktor-faktor yang berada dibawah kontrol perusahaan, seperti tingkat efisiensi, kualitas SDM dan teknologi
-   Kondisi eksternal perusahaan : yang perlu diperhatikan dalam pengambilan keputusan akan investasi utama adalah perkiraan tentang tingkat produksi dan pertumbuhan ekonomi domestik maupun internasional
b.       Biaya investasi
Hal yang paling menentukan adalah tingkat bunga pinjaman. Makin tinggi tingkat bunga maka biaya investasi makin mahal. Akibatnya minat akan investasi makin menurun.
c.       Marginal efficiency of capital ( MEC )
MEC adalah pengembalian yang diharapkan dari setiap tambahan barang modal
·      PENDAPATAN NASIONAL
-          Permintaan agregat dan penawaran agregat
Permintaan agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan permintaan terhadap barang-barang dan jasa sesuai dengan harga. Sedangkan penawaran agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan penawaran barang-barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan dengan tingkat harga tertentu.
-          Konsumsi dan tabungan
Antara konsumsi dan tabungan serta pendapatan sangat erat hubungannya. Hal ini dapat kita lihat dari pendapat keynes yang dikenal dengan “phsycological consumption” yang membahas tentang tingkah laku masyarakat dalam konsumsi jika dihubungkan dengan pendapatan.
-          Investasi
Pengeluaran untuk investasi merupakan salah satu komponen penting dari pengeluaran agregat.
·      KESEMPATAN KERJA
-         Jumlah atau besarnya penduduk yang tidak seimbang dengan lapagan pekerjaan
-          Kurangnya SDM yang memiliki SKILL
-          Kemajuan teknologi
-          Keterampilan pelamar tidak sesuai kriteria
·      EKSPOR-IMPOR
-          Kebijakan pemerintah dibidang perdagangan luar negeri
-          Keadaan pasar luar negeri
-          Kemampuan eksportir memanfaatkan peluang pasar
·      PENGELUARAN PEMERINTAH
Faktor yang mempengaruhi pengeluaran pemerintah adalah jumlah penduduk. Pertumbuhan pengeluaran rutin secara signifikan dipengaruhi oleh investasi swasta, jumlah penduduk dna pertumbuhan ekonomi. Sedangkan faktor yang signifikan mempengaruhi pertumbuhan pengeluaran pembangunan juga jumlah penduduk. Jumlah penduduk merupakan faktor yang paling besar mempengaruhi pengeluaran pemerintah terutama terhadap pengeluaran pembangunan. Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi disatu sisi akan mengurangi pengeluaran rutin dan pada sisi lain akan meningkatkan pertumbuhan pengeluaran pembangunan pemerintah.

3.      Peranan variabel makro terhadap pertumbuhan ekonomi
·      INVESTASI
-  Menurut sadono sukirno investasi memungkinkan suatu masyarakat terus menerus meningkatkan kegiatan ekonomi dan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan nasional dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
-  Ketika suatu negara bisa mengadakan suatu proyek investasi yang bisa menghasilkan pendapatan maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat lalu perlu diketahui bahwa bila adanya kenaikan tingkat suku bunga busa mengakibatkan turunnya investasi dan menurunnya GDP RIIL yang ada
·      PENDAPATAN NASIONAL
Ekonomi berarti memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan warga negara. Pertumbuhan ekonom berarti pertumbuhan barang dan jasa atau produsen disuatu negara. Ketika pendapatan nasional tumbuh lebih tinggi (dengan asumsi bahwa tingkat inflasi tidak meningkat) tabungan masyarakat bisa lebih tinggi. Demikian juga kemudian meningkat investasi. Dan kemudian dengan bertumbuhnya pendapatan nasional maka permintaan akan barang dan jasa meningkat sesuai dengan konsumsi masyarakat. Untuk memenuhi tingginya permintaan dipasar, maka mereka berinvestasi untuk memproduksi barang dan jasa.
·      KESEMPATAN KERJA
Jumlah atau besarnya penduduk pada umumnya dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara yang secara kasar mencerminkan kemajuan perekonomian negara yang secara kasar mencerminkan kemajuan perekonomian negara tersebut. Jumlah penduduk yang makin besar telah membawa akibat jumlah angkatan kerja yang makin besar pula. Ini berarti makin besar pula jumlah orang yang mencari pekerjaan atau menganggur, maka dengan pembangunan ekonomi diharapkan laju pertumbuhan ekonomi dapat selalu dipertahankan pada tingkat yang lebih tinggi dari tingkat penduduk, sehingga kegiatan perekonomian akan menjadi lebih luas dan selanjutnya tingkat kesempatan kerja akan bertambah dan memperkecil orang yang menganggur.
·      PENGELUARAN PEMERINTAH
Pemerintah mempunyai peranan penting dalam perekonomian untuk kesejahteraan rakyat. Pengeluaran pemerintah terus berkembang sejalan dengan tahap perkembangan ekonomi suatu negara. Pada tahap awal perkembangan ekonomi diperlukan pengeluaran negara yang besar untuk investasi pemerintah. Utamanya untuk infrastruktur seperti sarana jalan, kesehatan, pendidikan dll. Wagner mengatakan berdasarkan pengamatan dari negara-negara maju, disimpulkan bahwa dalam perekonomian suatu negara, pengeluaran pemerintah akan meningkat sejalan dengan peningkatan perkapita negara tersebut.
·      Ekspor-impor
Ekspor-impor merupakan faktor penting dalam merangsang pertumbuhan ekonomi, melihat SDA yang kita miliki sangat melimpah. Investasi dalam berbagai bentuknya memberikan banyak pengaruh kepada perekonomian karena terciptanya investasi akan membawa pada kegiatan ekonomi tertentu. Untuk meningktakan ekspor-impor maka pemerintah dan masyarakat harus menaruh perhatian penuh pada potensi-potensi daerah untuk kemajuan ekspor dan barang-barang komoditi ekspor maupun impor. Sehingga pertumbuhan ekonomi dapat ditunjang oleh sektor ekspor-impor yang signifikan.

0 komentar:

Posting Komentar